Tahapan Ibu Hamil yang Wajib Ibu Ketahui

Sudah menjadi kodratnya suatu rumah tangga ingin segera mendapatkan seorang buah hati atau momongan. Berbagai upaya pun ditempuh agar kehamilan yang lama dinanti menjadi kenyataan. Selama periode ibu hamil, biasanya banyak wanita mengalami berbagai kecemasan. Salah satu sumber kecemasan berasal dari berbagai mitos dan kepercayaaan yang berkembang di masayarakat dan beragam informasi seputar kehamilan yang banyak beredar dan dipercaya mentah-mentah oleh masyarakat.

Ibu hamil sebaiknya tidak langsung mempercayai berbagai macam keyakinan dan mitos ibu hamil yang berkembang dimasyarakat. Bunda harus menyelidiki berbagai fakta dan mitos kehamilan yang beredar di masayarakat tsb.

 

tahapan ibu hamil

Terlepas dari banyak nya fakta dan mitos ibu hamil, kali ini saya akan membahas berbagai macam tahapan tahapan yang terjadi selama proses kehamilan. Apa saja itu? berikut penjelasan dan pembahasanya. Tahapan kehamilan terbagi dalam 3 bagian, yaitu trimester pertama, kedua, dan ketiga.

  1. Trimester pertama

Usia kehamilan 1-12 minggu. Awal penyesuaian antara ibu dan calon bayinya. Kunjungan pertama Anda ke dokter kandungan akan sangat penting. Kadang gejolak psikologis menjadi tak menentu di trimester pertama karena perubahan hormon kehamilan.

  1. Trimester kedua

Kehamilan dengan usia 13 – 28 minggu. Anda sudah mulai terbiasa dengan kehamilan ini. Perut Anda semakin membuncit. Segarkan penampilan Anda dengan mengganti baju dan celana yang lebih longgar atau pakaian khusus ibu hamil. Bayi Anda terus tumbuh, dan sudah mulai merespons suara dan cahaya. Sering-seringlah mengajaknya “bicara”.

  1. Trimester ketiga

Jangan kaget jika ada gerakan lembut di dalam perut Anda, atau bahkan tendangan dan gerakan sikunya yang kadang membuat Anda merasa agak nyeri. Itu menandakan pertumbuhan dan perkembangannya baik. Anda mulai sibuk menyiapkan nama dan perlengkapan untuk si kecil. Rutinlah berolahraga, atau mengikuti kelas senam hamil untuk mendapatkan stamina yang prima saat proses melahirkan nanti. Baca juga tahapan persalinan bayi normal

Berdasarkan perkembangan embrionya, usia kehamilan dibagi dalam 3 tahap, yaitu periode germinal, periode embrio, dan fetal.

Germinal, yaitu tahap perkembangan embrio mulai dari konsepsi (peleburan sel ovum dan sperma), hingga usia kehamilan kurang lebih 2 minggu.

Embrio, tahap perkembangan embrio yang terjadi mulai usia 2 hingga 8 minggu.

Fetal, periode ini dimulai dari usia janin 8 minggu sampai 40 minggu atau kelahiran. Periode fetal sangat penting karena pada tahap inilah terjadi pembentukan organ dan sistem organ janin. Pada periode ini pertumbuhan sangat cepat. Sehingga penting sekali untuk memberikan asupan yang sehat dan bergizi untuk mendukung tumbuh kembang janin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *